Cari Blog Ini

Senin, 03 Desember 2012

Tugas IAD

1.     Sifat-sifat unik manusia diantara-nya
a.    Mempunyai akal, yaitu untuk bisa membedakan manusia dengan mahluk lain. Umumnya bahwa manusia dikatakan berbeda dengan binatang karena akal budi yang dimilikinya. Akal bersumber pada otak dan budi bersumber pada jiwa. Jadi perbedaan binatang dengan manusia sangat jelas,misalnya manusia dapat berpikir,manusia dapat berbuat, dan manusia dapat idup bermasarakat, serta manusia meyakini adanya kekuatan gaib.
b.    Rasa ingin tahu yang tinggi, dengan meningkatnya kemampuan dan daya berpikir,  manusia dapat mendayaguanakn kemampuan berpikir terdaulu, dan kemudian mengabungkan kemapuan berpikir yang baru. Rasa ingin tahu yang terus berkembang seolah olah tanpa batas dan menimbulkn perbendaaraan pada manusia.

2.   Rasa ingin tahu manusia dapat terpuaskan. Rasa ingin tahu mendorong manusia untuk melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mencari jawaban atas berbagai persoalan yang muncul dalam pikirannya. Kegiatan yang dilakukan manusia itu kadang-kadang kurang serasi dengan tujuannya. Sehingga tidak dapat menghasilkan pemecahan. Tetapi kegagalan biasanya tidak menimbulkan rasa putus asa, bahkan seringkali justru membangkitkan semangat yang lebih menyala-nyala untuk memecahkan persoalan. Dengan semangat yang makin berkobar ini diadakanlah kegiatan-kegiatan lain yang dianggap lebih serasi dan dapat diharapkan akan menghasilkan penyelesaian yang memuaskan. Manusia mempunyai rasa ingin tahu terhadap rahasia alam. Pada jaman kuno manusia sering bertanya-tanya apa itu pelangi? Karena kurangnya pengetahuan pada jaman itu, orang setempat menyebut pelangi adalah selendang bidadari. Lalu ketika gunung meletus, orang-orang tersebut bertanya-tanya, mengapa gunung tersebut meletus, naun karena mereka belum mengetahui apa-apa mereka beranggapan bahwa saat itu Tuhan marah.
3.         Macam-macam perkembangan alam pikiran manusia diantaranya sifat unik pada manusia dan perkembangan rasa ingin tahu. Manusia mempunyai rasa ingin tahu tentang benda-benda di alam sekitarnya, bulan, bintang, dan matahari, bahkan ingin tahu tentang dirinya sendiri (antroposentris).Dengan pertolongan akal budinya manusia menemukan berbagai cara untuk melindungi diri terhadap pengaruh lingkungan yang merugikan. Tetapi adanya akal budi itu juga menimbulkan rasa ingin tahu yang selalu berkembang. Rasa ingin tahu itu tidak pernah dapat dipuaskan. Kalau salah satu soal dapat dipecahkan maka timbul soal lain yang menunggu penyelesaian. Akal budi manusia tidak pernah puas dengan pengetahuan yang dimilikinya.Rasa ingin tahu mendorong manusia untuk melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mencari jawaban atas berbagai persoalan yang muncul dalam pikirannya.
4.         Pelangi merupakan tangga bidadari yang mau turun dari kayangan  kebumiuntuk mandi.apakah contoh tersebut merupakan mitos,legenda atau cerita rakyat.? Yaitu cerita Rakyat Indonesia pada zaman dahulu terkait dengan pelangi, orang-orang menganggap bahwa Pelangi adalah selendang atau kain panjang yang dimiliki oleh para bidadari khayangan yang sedang mandi dan menjemur atau menggelar selendangnya. Namun itu adalah sebuah cerita rakyat yang sering diceritakan oleh orang tua pada zaman dahulu ketika anaknya bertanya tentang Pelangi. Bahkan ada juga Lagu Pelangi yang sangat populer di kalangan anak-anak dan selalu diajarkan di Taman Kanak-Kanak. Sebenarnya pelangi merupakan salah satu fenomena alam yang terkait cahaya.
5.         Cara untuk mendapatkan pengetahuan terhadap maupun ramalan nasib berdasarkan ramalan perbintangan bakan percaya adanya dewa yaitu
1. Prasangka
    Adalah sesutau kemungkinan atau atau dugaan terhadap sesuatu yg belum tentu benar .
2. Intuisi
    Adalah suatu pendapat yg tiba - tiba muncul tanpa dipikir secara logis dan analisis,
           Menurut Charles Price ada 4 macam car untuk memperoleh pengetahuan
a. Percaya
    Seseorang akan mendapat pengatahuan karena ia percaya pada hal tersebut adalah benar.
b. Wibawa
    Sesuatu akan dianggap benar,apa bila seseorang yg berwibawa menyatakan benar
c.Apriori
    Merupakan suatu keyakinan/pendirian/anggapan sebelum mengetahui  (melihat,mendengar,menyelidiki) keadaan tertentu.
6.         Sontoh mitos,legenda atau cerita rakyat didaerah Sulawesi Tenggara yaitu  Cerita putri duyung, asal usul gunung sabha polulu, cerita ohoe serta kera dan aya.Jadi pengertian dari mitos adalah Mitos atau mite (myth) adalah cerita prosa rakyat yang tokohnya para dewa atau makhluk setengah dewa yang terjadi di dunia lain pada masa lampau dan dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Legenda adalah Legenda (Latin legere) adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh yang enpunya cerita sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi. Oleh karena itu, legenda sering kali dianggap sebagai "sejarah" kolektif (folk history). Dan cerita rakyat adalah Dongeng merupakan suatu kisah yang diangkat dari pemikiran fiktif dan kisah nyata, menjadi suatu alur perjalanan hidup dengan pesan moral yang mengandung makna hidup dan cara berinteraksi dengan makhluk lainnya.
7.         4 tokoh pembaharu ilmu pengetahuan dengan ciri khs atau titik tolak cara berpikir  yaitu diantaranya:
• Robert Ackerman “philosophy of science in one aspect as a critique of current scientific opinions by comparison to proven past views, but such aphilosophy of science is clearly not a discipline autonomous of actual scientific paractice”. (Filsafat ilmu dalam suatu segi adalah suatu tinjauan kritis tentang pendapat-pendapat ilmiah dewasa ini dengan perbandingan terhadap kriteria-kriteria yang dikembangkan dari pendapat-pendapat demikian itu, tetapi filsafat ilmu jelas bukan suatu kemandirian cabang ilmu dari praktek ilmiah secara aktual.

• Lewis White Beck “Philosophy of science questions and evaluates the methods of scientific thinking and tries to determine the value and significance of scientific enterprise as a whole. (Filsafat ilmu membahas dan mengevaluasi metode-metode pemikiran ilmiah serta mencoba menemukan dan pentingnya upaya ilmiah sebagai suatu keseluruhan)

• Cornelius Benjamin “That philosopic disipline which is the systematic study of the nature of science, especially of its methods, its concepts and presuppositions, and its place in the general scheme of intellectual discipines. (Cabang pengetahuan filsafati yang merupakan telaah sistematis mengenai ilmu, khususnya metode-metodenya, konsep-konsepnya dan praanggapan-praanggapan, serta letaknya dalam kerangka umum cabang-cabang pengetahuan intelektual.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar